top of page
  • Writer's pictureAshabul Khafi

Mengenal Olahraga Basket, Olahraga yang Digemari Remaja Hingga Orang Dewasa di Perkotaan

Updated: Jan 5, 2021


Sumber Foto: Ashabul Khafi

Tangerang Selatan – Olahraga Basket merupakan permainan yang banyak digemari oleh banyak Remaja Hingga Orang Dewasa disekitar perkotaan karena permainan bola basket terkesan keren, dilihat dari segi pakaian yang digunakan dalam olahraga ini hingga cara memainkannya. Pada Permainan Bola Basket termasuk olahraga yang cukup berat dan olahraga ini sering ditemukan pada daerah perkotaan.


Permainan Olahraga Bola Basket ini dimainkan oleh 3 atau 5 orang dalam satu tim dan dalam satu lapangan sekali pertandingan terdapat 2 tim, dimana pemenang dalam permainan ini ditentukan oleh tim yang paling banyak memasukan bola basket kedalam Ring antar lawan main. Pada umumnya satu tim terdapat kurang lebih 4 sampai 5 pemain cadangan. Pada setiap permainan Bola Basket dalam perhitungan poinnya, tiap kali salah satu anggota pemain memasukan bola kedalam ring dinyatakan 2 sampai 3 poin tergantung posisi pemain Ketika memasukan bola tersebut. Durasi yang diperlukan dalam sekali pertandingan selama 40 menit waktu bersih yang dibagi dalam 4 babak.


Pada Gerakan dasar dari permainan olahraga basket ini cukup mudah, karena cara memainkannya hanya memantulkan bola basket kelantai dan melemparnya teman pemainnya, serta beberapa aturan dasar. Namun olahraga Bola basket yang diciptakan oleh guru olahraga dari Kanada bernama Dr. James Naismith dikenal sebagai olahraga yang cukup mahal, oleh karena itu banyak sekali remaja hingga orang dewasa di daerah perkotaan yang memainkan olahraga bola basket ini. Dharma Sanjaya merupakan seorang remaja yang aktif dalam olahraga basket sedikit memberi pengalamannya dalam dunia olahraga tersebut Ketika diwawancarai.


“Menurut saya dari pakaian yang digunakan untuk memainkan olahraga basket ini cukup menguras kantong kita ya…karena memang dari sepatu bola basket aja kalo misalnya yang bermerek dan kualitas bagus itu paling murah harganya bisa lima ratus ribu sampai satu juta rupiah, dan dari harga bola basketnya aja saya pernah beli dua ratus ribu. Terlebih kalo misalnya kita sewa lapangan untuk main basket itu satu jam bisa dua ratu lima puluh ribu dalam satu jam”. Ujar Dharma Sanjaya salah satu anggota Komunitas Bola basket di Jakarta.


Pada setiap penyelenggaraan kejuaran tingkat nasional olahraga basket ini pun diadakan pada daerah kota-kota besar di Indonesia, seperti Kota Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Hal ini dikarenakan fasilitas yang disediakan untuk tempat lapangan bola basket hanya didaerah perkotaan saja. Penyedian sewa lapangan bola basket pun jarang sekali ditemukan diluar perkotaan, namun banyak ditemukan dikota besar.


“Saya sendiri pernah mengikuti kejuaran tingkat nasional level SMA olahraga ini basket dikota Jakarta, dan Surabaya. Pernah di Kota Bandung tapi waktu itu lagi gabisa ikut. Memang kalo penyelenggaraan tingkat nasional cumin diadakan di kota-kota besar. Kalo lapangan bola basket saya liat jarang sekali di daerah pedesaan gitu…paling kalo misalnya ada fasilitasnya udah rusak kaya ring basketnya, tapi kalo didaerah kaya Jakarta banyak banget yang bagus, dan kadang ada yang menyewakan, cukup mahal sih untuk biaya sewanya, tapi sebanding sama keadaan fasilitas lapangannya” Ujar Dharma.


“Sebenarnya ada juga sih beberapa Remaja di luar perkotaan yang memainkan olahraga basket ini, tapi sangat sedikit yang saya ketahui Ketika dikampung saya. Pada saat saya bermain bola basket diperkotaan memang lebih banyak. Banyak juga teman saya yang mengeluhkan tentang olahraga ini cukup mahal dari pakaian bawah sampai keatas” Ujar Dharma.


Olahraga yang satu ini sudah kelihatan jelas dari kantong yang harus habiskan sebagai modal untuk memainkannya, oleh karena itu tidak banyak masyarakat menengah kebawah yang melakukan kegiatan olahraga tersebut. Akan tetapi kita juga dapat menggunakan pakaian yang bermerek untuk bisa olahraga basket, yang terpenting kita semangat dan rajin dalam memainkannya sehingga dapat meraih prestasi dalam olahraga basket.

7 views0 comments
Post: Blog2 Post

Subscribe Form

Thanks for submitting!

021-733-1215

Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2020 by SphereMedia

bottom of page