top of page
  • Writer's pictureAprillia Trisya Putri

Self-love Menjadi Resolusimu di Tahun 2021? 5 Cara Ini Dapat Membantumu Mencapainya!

Updated: Jan 6, 2021


Sumber Foto : psychologicalhealthcare.com

Tangerang Selatan – Self-love atau tindakan untuk mencintai diri sendiri bisa sangat sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang, terutama bagi orang yang masih suka tidak percaya diri, meragukan dirinya sendiri, merasa dirinya tidak berharga, tidak memiliki kemampuan yang berarti, dan juga merasa tidak layak dicintai. Hal ini tentu tidak baik untuk diri sendiri, karena dapat membuat diri sendiri tidak berkembang dan sulit untuk merasa bahagia.


Lalu bagaimana cara untuk memulai self-love? Kamu bisa belajar melakukan atau menerapkan 5 cara ini!


1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Percayalah bahwa setiap orang memiliki jalan kehidupannya masing-masing, begitu juga dengan status ekonomi, status pekerjaan, hingga hubungan percintaan. Kita sebagai manusia memang memiliki jiwa kompetitif, namun ini bukan berarti kamu harus mempunyai segala hal yang diraih atau dicapai orang lain. Maka dari itu, fokuslah pada dirimu sendiri dan nikmati setiap proses yang dilalui.


2. Ingat pencapaian yang pernah diraih

Jika kamu sering kali merasa tidak memiliki keistimewaan yang bisa membuat dirimu bangga, ingatlah bahwa kamu pasti pernah mencapai sesuatu yang belum tentu orang lain juga bisa melakukan atau mendapatkannya. Dengan begini kamu bisa mulai menghargai dirimu sendiri.


3. Tidak perlu mementingkan opini orang lain

Tidak perlu khawatir tentang apa yang orang lain katakan atau harapkan dari dirimu, karena hal itu hanya akan membuang waktumu. Ingatlah bahwa kamu tidak memiliki kewajiban untuk memenuhi segala ekspektasi orang lain. Lakukanlah sesuai dengan keinginan dan caramu sendiri yang menurutmu lebih baik.


4. Luangkan waktu untuk me-time

Sesibuk-sibuknya aktivitasmu, luangkan lah sedikit waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai tanpa ada gangguan dari orang lain. Kamu bisa menjauh sejenak dari kesibukanmu, kalau perlu kamu bisa matikan handphone atau laptopmu agar tidak ada yang mendistraksi waktu me-time mu. Hal ini bisa membantu membuat pikiranmu jadi lebih fresh dan membuat dirimu lebih menghargai atas waktumu sendiri.


5. Menerima diri sendiri

Hal ini sangat penting untuk dilakukan ketika kamu ingin lebih mencintai dirimu sendiri. Kamu harus menyadari bahwa dirimu memiliki kekurangan dan kelebihan. Tidak masalah jika kamu gagal atau membuat suatu kesalahan, tetapi setelah itu kamu harus melakukan evaluasi pada dirimu sendiri. Perasaan menerima diri sendiri ini akan membawa dirimu lebih tenang dan mudah merasa bahagia.


Dengan konsisten menerapkan 5 cara di atas, maka perlahan kamu bisa lebih memahami pentingnya belajar untuk mencintai diri sendiri. Karena dengan mencintai diri sendiri, hidupmu akan jauh lebih terasa nyaman dan cenderung lebih mudah menemukan kebahagiaan walaupun dari hal-hal yang kecil.

9 views0 comments
Post: Blog2 Post

Subscribe Form

Thanks for submitting!

021-733-1215

Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2020 by SphereMedia

bottom of page