top of page
  • Writer's picturePrisca Octaviani

5 Cara Seru Untuk Tetap Semangat Belajar Online di Rumah

Updated: Jan 5, 2021


Tangerang - Pandemi Covid-19 membuat kita semua harus beraktivitas di rumah, lembaga akademik pun juga menganjurkan seluruh siswa untuk melakukan pembelajaran online. Sayangnya, tidak semua siswa memiliki kemampuan kognitif yang sama satu sama lain. Belum lagi ditambah banyak distraksi pada sekitar dan jam karet pada waktu belajar yang membuat kegiatan belajar jadi tidak efektif.


Berikut ini beberapa cara seru yang dapat membagkitkan semangat belajar online di rumah sehingga proses belajar menjadi efektif.


Jauhkan Tempat Tidur


Ilustrasi oleh Prisca Octaviani

Bagi kalian yang tidak memiliki ruang belajar terpisah dengan kamar tidur, pastikan untuk belajar pada meja belajar kalian. Bagi yang tidak memiliki meja belajar, kalian bisa menggelar karpet dengan menaruh beberapa bantal agar terasa lebih nyaman. Dengan menjauhkan tempat tidur saat belajar, kalian dapat lebih fokus dan terhindar dari keinginan untuk beristirahat, apalagi bermalas - malasan.


Mendengarkan Lagu Kesukaan


Ilustrasi oleh Prisca Octaviani

Dengan mendengarkan lagu yang kalian suka, dapat meningkatkan semangat kalian dalam belajar. Selain itu, mendengar alunan musik juga dapat mengurangi keinginan kalian membuka gadget lain untuk bermain sosial media loh! karena otak kalian merespon ambience yang ada disekitar, sehingga kalian tidak merasakan keheningan yang dapat membuat jenuh.


Sediakan Makanan Favorit


Ilustrasi oleh Prisca Octaviani

Kalian dapat menyediakan makan kecil seperti camilan kesukaan kalian, untuk menemani proses belajar. Ternyata dengan mengkonsumsi camilan dapat meningkatkan semangat ketika kalian merasa lelah dan bosan. Dengan mengkonsumsi camilan, kalian akan merasa lebih menikmati proses belajar karena suasana belajar akan berubah menjadi lebih santai. Eitts.. tapi pastikan makanannya bukan nasi padang ya! Kalau itu sih kalian jadi gagal fokus. Jangan lupa selalu sediakan air mineral agar kalian tetap terhidrasi selama belajar online di rumah.


Belajar Bersama Teman


Ilustrasi oleh Prisca Octaviani

Belajar dirumah bukan berarti menghalangi kalian untuk belajar bersama dengan teman. Kalian dapat menggunakan aplikasi pertemuan untuk melakukan diskusi mengenai materi atau mengerjakan tugas yang sulit bersama. Tentunya selain memudahkan kalian untuk menguasai materi, kalian juga dapat bersosialisasi dengan teman sehingga belajar menjadi lebih seru.


Beristirahatlah Sejenak Jika Jenuh


Ilustrasi oleh Prisca Octaviani

Hal terpenting dalam proses belajar adalah biarkan diri dan otak kalian beristirahat sejenak. Memaksakan diri untuk belajar dalam durasi yang sangat lama akan membuat kalian stress dan tidak menikmati prosesnya. Cobalah untuk beristirahat 10 – 15 menit ketika kalian telah berada 1-2 jam di depan layar. Kalian bisa melakukan sedikit peregangan atau keluar rumah untuk menghirup udara segar, tidak masalah apabila kalian ingin mengecek gadget dan media sosial kalian tapi ingat batasi penggunaannya jangan sampai kelewat batas.


8 views0 comments
Post: Blog2 Post

Subscribe Form

Thanks for submitting!

021-733-1215

Jalan Cendrawasih Raya Blok B7/P, Sawah Baru, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15413

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn

©2020 by SphereMedia

bottom of page